Liverpool Tak Beli Pemain Bintang, Mereka yang Menciptakan Bintang

Berita Bola

Judi Bola, Mpobos.com – Pesepakbola legenda asal Inggris, Jamie Carragher, menilai Liverpool tidak membeli pemain bintang, melainkan mereka yang menciptakan. Karena itu, Carragher mengapresiasi pelatih Liverpool Jurgen Klopp yang berhasil membentuk pemain seperti Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Klopp layak diapresiasi atas keberhasilan yang dicetak Liverpool akhir-akhir ini. Pelatih asal Jerman itu berhasil membentuk tim yang solid, berdasarkan pemain yang awalnya biasa-biasa saja.

Ambil contoh Sadio Mane. Pesepakbola Senegal itu dibeli Klopp dari klub papan tengah Liga Inggris, Southampton. Namun, Mane kini menjadi pemain andalan Klopp untuk mengoyak jala gawang lawan. Selain itu, ada juga Mohamed Salah yang dalam dua setengah tahun terakhir menjadi mesin gol si Merah.

Padahal, dalam kurun 2013-2015, Salah sempat berkarier bersama Chelsea dan gagal total. Satu contoh lagi adalah Georginio Wijnaldum. Gelandang berpaspor Belanda itu gagal menyelamatkan Newcastle United dari jeratan degradasi pada Liga Inggris 2015-2016.

Namun, semenjak diboyong ke Liverpool pada 2016-2017, Gini Wijnaldum menjadi motor serangan Liverpool. Karena itu tak heran, Carragher menyebut Liverpool sebagai pencetak pemain bintang.

“Robertson datang dari Hull, Wijnaldum terdegradasi bersama Newcastle. Salah gagal di Chelsea, sedangkan Mane sudah cukup lama tampil di Liga Inggris. Mereka menjadi klub terbaik di dunia bukan karena membeli pemain terbaik di dunia. Liverpool tidak membeli pemain bintang, melainkan mereka yang menciptakan,” kata Carragher mengutip dari Sky Sports, Senin (13/1/2020).